Jumat, 25 Juli 2014

Transmigrasi di Bulan Ramadhan

Selamat hari Jumat penuh barokah.

Hari ini sudah memasuki Minggu terakhir di bulan Ramadhan. Emang ga kerasa. Waktu berlalu semakin cepat. Suasana Ramadhan juga sedikit demi sedikit berubah menjadi suasana lebaran. Hari ini aku cuma ingin menuliskan apa yang aku lihat di sekeliling. Tentang suasana yang tak lagi sama.

Inget banget waktu menjalankan ibadah shalat tarawih pertama di bulan ramadhan tahun ini.Sebenernya ga jauh beda sama bulan ramadhan tahun-tahun sebelumnya. Kayak udah menjadi adat dan budaya tersendiri yang setiap tahun nya selalu saja begitu,begitu gimana? ya begitu. Waktu pertama kali tarawih, musholla padet sama masyarakat kampung. Sampe-sampe aku ga kebagian tempat untuk sekedar menggelar sejadah buat satu orang. Alhasil, ikut sholat di halaman kontrakan yang berada ga jauh dari musholla. Seminggu pertama, suasana musholla masih rame. Meskipun udah ada beberapa yang menghilang entah kemana. Ya, aku maklumi untuk kaum perempuan yang mungkin sedang berhalangan. Tapi untuk kaum pria? ya mungkin mereka juga mempunyai alasan tersendiri.1 minggu berikutnya udah menghilang sebagian, sampai minggu ketiga bulan Ramadhan musholla sepinya bukan main. Apalagi kalau cikarang hujan, makin sedikit yang dateng buat shalat tarawih. aku juga lebih memilih shalat dirumah hehe

Ternyata budaya ini budaya transmigrasi. Ya, mungkin bisa dibilang seperti itu. kenapa? yang aku lihat sih, penghuni musholla yang semakin hari semakin berkurang itu sedang berhijrah ke suatu tempat. Tempat yang ramai, penuh lampu, baju-baju, dan barang-barang baru lainnya. Iya, di mall maksudnya.
Keaadan musholla dan tempat ibadah lainnya semakin hari semakin sepi, berbeda dengan supermarket, mall dan sejenisnya justru semakin ramai di kunjungi. "Mau lebaran gitu loh, ga afdhol kalo ga pake yang baru-baru"  nah itu yang ada dibenak setiap orang. kayaknya udah jadi kewajiban beli baju baru di bulan ramadhan buat dipake di hari lebaran. Bakalan rela deh desek-desekan juga.

Padahal, lailatul qadr itu datengnya di 10 malam terakhir di bulan ramadhan. Dan itu gatau pastinya. Yang konsisten dan istiqomah beribadah lah yang beruntung menapat berkah dari malam yang lebih baik dari pada 1000 bulan itu. Tapi sayangnya, diakhir-akhir bulan ramadhan ini semangat beribadah seperti sudah berkurang.

Astagfirullah, semoga kita senantiasa diingatkan dan dikuatkan iman islamnya. dan mendapat berkah dari lailatul qadr aamiin.


Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar