Minggu, 01 April 2018

Koleksi Komik

1 April 2018

April Mop, sedang ramai dibicarakan dimana-mana. Sejujurnya kurang paham tentang maksud dan tujuan dari April Mop itu sendiri, tapi kebanyakan orang juga sekadar "ikut-ikutan" aja buat meramaikan moment yang berasal dari tradisi barat ini. Anyway, tulisan ini bukan dibuat untuk membahas mengenai April Mop. Tulisan ini dibuat "lagi-lagi" untuk sekedar mengisi waktu luang dan me-refresh pikiran yang sedang suntuk dengan laporan akhir. 

Mau sedikit bercerita mengenai salah satu habbit yang dari dulu sampai sekarang masih dilakukan. Yaitu mengoleksi komik. Menurut beberapa sumber, komik mulai booming di Indonesia sejak tahun 90an. Terutama komik asal Jepang yang lebih dikenal dengan sebutan Manga. Ketertarikan untuk mulai mengoleksi komik dimulai sejak aku duduk di bangku SMP sekitar tahun 2009. Waktu kelas 1 Smp, hobi baca komik mulai muncul, apalagi didukung dengan adanya toko rental komik yang berada persis di depan sekolah. Hampir setiap minggu rela sisihin uang jajan buat ngerental komik dengan judul yang berbeda-beda. Dulu, salah satu komik kesukaanku adalah komik fantasi dengan judul Mirumo de Pon. Komik ini bercerita tentang peri kecil lucu yang berasal dari sebuah Mug. 


(sumber: google)


Saking seringnya rental komik, beberapa kali sempat ngalamin kejadian lucu di sekolah. Karena sering kali diadakan razia barang oleh guru BP. Barang yang menjadi inceran guru BP pada saat itu salah satunya adalah komik. Hebatnya, pada saat itu, rencana razia selalu bocor sampai ke murid. Jadi, sebelum guru BP masuk ke kelas buat menggeledah, kita sudah siap siaga menyembunyikan barang-barang tersebut hahaha 
Urusan akan menjadi semakin rumit kalau komik yang kita pinjam kena razia. Karena, pemilik toko rental komik yang sering kita panggil dengan sebutan "om" itu lumayan galak.
Nah, selain komik Mirumo de Pon, komik favoritku yang lain adalah "Hai Miiko" Masih komik anak-anak, Hai miiko merupakan komik yang bercerita tentang keseharian seorang gadis kelas 5 SD bernama Yamada Miiko dengan teman-teman dan keluarganya. 



Cerita yang terdapat dalam komik hai miiko sangat ringan karena menceritakan permasalahan sehari-hari, tapi itu yang membuat aku suka. Selain itu tokoh dan gambarnya lucu-lucu. Nah, komik Hai miiko inilah yang menjadi satu-satunya komik yang ku koleksi sampai sekarang sejak SMP dulu. Berarti kurang lebih sudah 7 tahun. Kenapa memilih untuk mengoleksi? karena sekarang sedikit sulit menemukan toko rental komik yang dekat dengan tempat aku tinggal. Ditambah ada kesenangan tersendiri ketika kita bisa mengoleksi dan merawat komik yang kita suka. Apalagi Hai miiko ini merupakan salah satu komik yang cukup banyak penggemarnya, jadi aku tidak kesulitan untuk mencari komiknya. Apalagi baru-baru ini komik Hai miiko sering banget ngeluarin merchandise lucu-lucu. Karena penggemar komik Hai Miiko terutama di Indonesia semakin banyak, dari anak kecil sampai orang tua yang sudah memiliki anak sekalipun. Aku sendiri memiliki beberapa teman yang juga penggemar berat Hai Miiko, jadi kita memiliki bahan untuk  dijadikan obrolan yang menarik. 

Banyak banget yang bilang, "mau sampai kapan ngoleksi komik? apalagi komik anak kecil. ga malu sama umur?" Menurutku selama itu asik, aku suka dan tidak merugikan siapapun, itu ga masalah. Lagipula komik ini bukan komik yang berbahaya yaaa secara ceritanya baik-baik aja hahaha malah terkadang banyak juga informasi dan pelajaran yang bisa diambil dari komik ini, serius. 


(Beberapa koleksi komik Hai Miiko dirumah.)

Memang, koleksi komik ku belum lengkap sempurna, karena aku ga mengoleksi beberapa seri awal yang udah pernah dibaca waktu SMP dulu. Ditambah ada beberapa seri yang sudah rusak karena perawatan yang kurang baik dan sering dipinjam teman wkwkwk

0 komentar:

Posting Komentar